BeHangat.Com ~ Niat Puasa Daud dan Artinya, Pengertian Puasa Daud dan Bolehkah Puasa Daud Untuk Pemula? – Assalamu’alaikum jumpa lagi dengan admin BeHangat.Com pada kali ini mari kita sama-sama belajar tentang puasa daud. Mungkin untuk muslim atau muslimah sudah mengetahui mengapa dinamakan puasa daud. Disebut Puasa Daud karena puasa ini merupakan puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.

Puasa Daud

Puasa Daud merupakan puasa sunnah paling baik di bandingkan puasa sunnah yang lainnya dan puasa daud di lakukan secara selang seling, maksutnya sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa begitu seterusnya dan dapat dilakukan sepanjang tahun kecuali Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha dan Hari Tasyrik.

Baca Juga : Ujian Terberat Generasi Millennial Yaitu Jatuh Cinta Sebelum Menikah

Sedangkan untuk hari jum’at, tidak terdapat halangan, selama puasa tersebut termasuk bagian dalam puasa Daud, jadi bukan puasa khusus pada hari Jum’at saja. Sedangkan jika puasa hanya pada hari Jum’at saja, maka hal ini tidak diperbolehkan. Puasa Daud sebaiknya dilaksanakan apabila kita sudah terbiasa Puasa Senin-Kamis dan Puasa Ayyamul Bidh, sehingga tidak ada kesulitan bagi kita untuk melaksanakannya.

Puasa Daud lebih disukai oleh Allah SWT di bandingkan puasa sunnah lainnya. Seperti yang telah dikatakan oleh Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya : “Sebaik-baiknya ibadah shalat di hadapan Allah SWT yaitu shalat yang dilaksanakan Nabi Daud AS. Sebaik-baiknya ibadah puasa di hadapan Allah SWT yaitu puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Puasa Daud adalah Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR.Bukhari).

Baca Juga : Harus Sakit Hatikah Kamu! Jika Orang yang Kamu Sebut Dalam Doa Ternyata Menyebut Orang Lain Dalam Doanya?

Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma dawuda sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya : “Saya berniat melakukan puasa Dawud sunah karena Allah Ta’ala.”

Demikianlah artikel tentang Niat Puasa Daud dan Artinya, Pengertian Puasa Daud dan Bolehkah Puasa Daud Untuk Pemula? yang bisa admin berikan ke pada kalian semua. Jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × four =