Ajari Aku Untuk Berbuat Baik

Ajari Aku Berbuat Baik

BeHangat.Com ~ Ajari Aku untuk Berbuat Baik – Assalamu’alaikum Wr. Wb. Sebelumnya perkenalkan aku Agung Indra Wijaya yang sering di panggil dengan sebutan Agung setiap harinya. Keseharianku disibukan dengan bolak balik dari pulogadung ke tendean untuk bekerja dan hal tersebut sudah aku jalani dari 2018 sampai saat ini.

Aku sempat berkata kepada ibuku tepatnya di tahun 2019 untuk berhenti berkerja di perusahaan ini di karenakan aku bosan sehari-hari begini aja yang aku jalani. Tapi ibuku selalu memberi semangat dan nasehat “bertahan 1 tahun lagi jika nanti akan berhenti silahkan” dan selama 1 tahun tersebut aku di suruh melihat kehidupan di sekelilingku dan teruslah menebar kebaikan.

Ibu Mengajari Untuk Menebar Kebaikan

Aku mengikuti apa yang di katakan ibu ku untuk bertahan bekerja sampai 1 tahun kedepan dan aku akan melihat kedihupan di sekelilingku. Pada buan februari ibuku ingin pergi ke rumah bude yang berada di kalimantan dan aku menghubungi adik ku yang ada di kampung untuk mengantar ibu ku ke rumah bude yang ada di kalimantan. Kurang lebih 2 minggu ibu dan adik ku di kalimantan.

Memasuki bulan april, pagi-pagi ibuku pergi kepasar untuk membeli sayur untuk di masak, tapi di hari itu ibuku terjatuh saat jalan menuju pasar, sebelumnya tak pernah terjadi hal tersebut dan selang beberapa hari ibuku sakit lalu di bawa oleh bapak ku untuk pulang kampung dan berobat di sana, karena jika di kampung banyak sodara yang bisa menjaga saat berada di rumah sakit.

Pada tanggal 29 april aku berangkat kerja dan meminta kepada atasan aku untuk berhenti bekerja, tapi atasan aku memberi cuti saja untuk beberapa hari agar aku bisa pulang kampung dan merawat ibuku.

Pada pagi hari tepatnya subuh tanggal 30 april aku mendapat telpon dari adik ku bahwa ibu sudah tidak ada dan akan di makamkan jam 10 pagi. Seketika itu pikiran ku buyar, menggapa ini terjadi dan rasanya ini sanggat tidak adil untuk ku.

Tanpa pikir panjang aku membeli tiket pesawat pemberangkatan tercepat. Tapi memang saat pikiran panik sesuatu yang di kerjakan terasa lama dan aku mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran tiket di karenakan lupa password bank ku. Sekali lagi aku di bantu oleh tetangga sekaligus anak pemilik kontrakan untk di bayarkan tiket pesawatnya dan di pesankan grab car untuk pergi ke bandara.

Sampai di kampung kurang lebih jam 9 pagi dan masih ada 1 jam untuk melihat wajah cantik ibu ku yang terakhir kalinya. Setelah selesai pemakaman ibuku aku langsung menenangkan ayahku yang terpukul atas di tinggal ibuku dan melakuakn pengajian setiap malam di adakan selama 7 hari dan aku berangkat kembali ke jakarta untuk bekerja.

Setelah di tinggal ibuku, hari-hari selama aku bekerja di jakarta dan aku jalani dengan sebaik-baiknya. Seperti permintan ibuku sebelumnya harus selalu Menebar Kabaikan dan melihat kehidupan sekitar agar aku tahu arti kehidupan.

Hari-hari ku saat ini aku jalani dengan sebaik-baiknya dan memperbanyak untuk Kebaikan Berbagi kepada semua orang, seperti zakat, Puasa sunnah, dan kegiatan positif lain yang bisa orang tiru.

Hal yang aku jalani saat ini juga sejalan dengan Program Dompet Dhuafa.

Program Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa memiliki 5 pilar program untama yang memiliki tujuan besar dalam mengentaskan kemiskinan:

  1. Pendidikan
    Dompet Dhuafa berkomitmen menyediakan akses pendidikan seluas-luasnya untuk kaum dhuafa
  2. Kesehatan
    Dompet Dhuafa di program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mu
  3. Ekonomi
    Dompet Dhuafa memberdayakan masyarakat bebasis potensi daerah untuk mendorong kemandirian umat
  4. Sosial dan Dakwah
    Dompet Dhuafa merespon cepat permasalahan masyarakat sesuai dengan kebutuhanya
  5. Budaya
    Dompet Dhuafa tidak akan melupakan budaya yang merupakan warisan leluhur zaman dulu yang mengandung nilai-nilai kebaikan.

Jika ingin mendonasikan atau zakat sedikit pendapatan kamu bisa ke Dompet Dhuafa, agar apa yang kamu donasikan tersampaikan ke orang yang tepat dan bisa melalui Link dibawah ini

Jika sudah, kamu bisa konfirmasi ke http://dompetdhuafa.org/id/p/konfirmasi-donasi.

Sudah selayaknya kita selalu menebar kebaikan dan berzakat seperti yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Karena dengan menebar kabaikan dan berzakat bisa menumpulkan kemiskinan, kekurangan dan permasalahan ekonomi lainnya. Apalagi saat ini sedang terjadi wabah covid-19.

Semoga perbuatan baik kita diterima oleh Allah SWT. (amin). Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa

#MenebarKebaikan
#LombaBlogMenebarKebaikan

About the Author: Mas Indra

😇 Bukannya sombong, tpi aku belajar menjaga pandangan mata. 😁Selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. ✌ Bicarakanlah kekuranganku jgn kebaikanku. 💓 Aku cinta kamu, iya kamu.

You might like

24 Comments

  1. Alfatihah untuk ibunda Mas Agung. Insya Allah, doa anak soleh akan sampai pada almarhumah. Teruslah menebar kebaikan Mas Agung. Ini juga nasihat untuk diri saya sendiri. Kebaikan berbagi itu ibarat menanam, suatu saat kita akan menuai hal-hal baik yang telah kita lakukan.

  2. Semoga ibunda mendapatkan tempat terindah ya, kakak. Dengan dompet dhuafa kita bisa jadi lebih mudah lagi berbagi kebaikan, apalagi dengan 5 program atau pilar yang mereka miliki. Semoga dengan dompet dhuafa bisa semakin mengentaskan kesulitan orang-orang yang sedang terdampak corona, aamiin.

  3. Berbagi kebaikan sekarang semakin mudah dengan Dompet Dhuafa, bahkan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Semoga semua tujuan baik Dompet Dhuafa tercapai.

  4. Turut berduka cita ya k untuk ibu semoga ibu sudah tenang dan bahagia di alam sana. Ibu memang orang pertama yang mengajarkan kita tentang kebaikan berbagi. Bersama Dompet Dhuafa berbagi jadi makin mudah dan pahala bertambah aamiin

  5. Aku baru tahu ternyata Dompet Dhuafa juga punya program untuk Kebudayaan. MasyaAllah benar2 dedikasi untuk umat yah. Keren.

  6. Innaillahi, turut berduka cita gan atas meninggalnya ibumu. Semoga beliau tenang di alam sana. Betul kata alm Ibu agan, teruslah berbuat baik karena kita tidak tau kapan ALLAH SWT membalas kebaikan kita.

  7. Turut beduka ya. Pasti ibu bangga punya anak yg baik dan selalu menebar kebaikan.
    Dompet dhuafa memang terbaik. Memberi kemudahan kita unt berbuat baik

  8. Ikut berduka ya atas meninggalnya ibunda tercinta. Almh orang yang baik dan selalu menanamkan dan mengajarkan kebaikan. Smga diterima di surga Allah. Aamiin…

  9. Turut berduka atas perginya ibunya mas agung yaa…

    Jangan lupa utj menerapkan pesan2 ibu agar slalu menebar kebaikan ke org sekitar ya mas

  10. Ibu memang merupakan orang terdekat kita yang selalu mengajarkan untuk kebaikan. Saya pun selalu ingat pesan ibu untuk terus berbagi. Apalagi di bulan suci ini bagus banget untuk membantu sesama yah. Dompet dhuafa ini membantu kita banget untuk menyalurkan rezeki yang dimiliki yah.

  11. Aalhamdulillah masih terus bisa menjalankan “wasiat” dari ibu untuk melihat sekeliling dan menebar kebaikan.
    Ibunda di sana pasti bangga melihat putranya telah menjalankan apa yang dulu pernah dimintanya

  12. Menebarkan kebaikan bisa dilakukan dimasa saja tanpa ada batas waktu. Dompet Dhuafa membantu kita untuk berbuat kebaikan kepada sesama dengan caranya yang mudah.

  13. Sebelumnya turut berduka atas kepergian Ibu Anda ya Mas. Tetap semangat menjalani hidup dan dalam menebar kebaikan. Berbagi gak hanya urusan uang aja, bisa non materi …

  14. Semoga almarhumah ibunya ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya ya, Mas. Terlepas dari itu, saya pernah dengar kalau kita bisa berbuat baik dan meniatkan itu untuk keluarga yang telah meninggal, katanya pahalanya bisa sampai.

  15. Tetap semangat! menebar kebaikan dimanapun. kebaikan-kebaikan yg ditebarkan secara tidak langsung sedang memberikan kebaikan kepada diri sendiri

  16. Melakukan Fundraising untuk berbagi kepada sesama itu merupakan sesuatu yang berbeda bernilai makna yang berbeda, tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata & ucapan, cukup Tuhan mengetahui segalanya. (Event, Funding) Kerjasama dengan instansi & Donatur menjadi tantangan menarik

  17. Benar sekali kak, seorang ibu pasti mengajar anaknya hal kebaikan. Sehingga anaknya menjadi baik dan mendapatkan hidup lebih baik…

Comments are closed.