BeHangat.Com ~ Apa Arti Dari URL – Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini BeHangat.Com akan menjelaskan arti dari URL. Mungkin dari beberapa dari Anda sudah mengetahui apa itu URL dan fungsi dari URL.

Jika Anda baru belajar membuat web atau blog juga harus tau tentang URL. Di artikel ini BeHangat.Com tidak menjelaskan bagai man membuat blog, tapi jika Anda mau buat blog bisa membaca artikel yang ditulis oleh Ica Nafisah yang berjudul Membuat Blog Gratis dengan WordPress dan Blogspot.

Apa itu URL?

Uniform Resource Locator (URL) membentuk bagian dari Uniform Resource Identifier (URI) dan berfungsi sebagai penunjuk ke tempat sumber daya berada dan prosedur untuk mengambilnya.

Dalam istilah awam, URL disebut sebagai Alamat Web. Tautan apa pun ke file atau sumber daya di dalam situs web juga dapat disebut sebagai URL. Tautan ini dapat berupa halaman web apa saja di dalam situs web, file gambar, applet Java, form, dan sebagainya.

URL sebenarnya dari sebuah situs web adalah dalam bentuk biner, tetapi diwakili dalam bentuk alfanumerik untuk memudahkan manusia untuk mengingat dan menjadi lebih jelas.

URL pada dasarnya adalah alamat yang dirancang untuk memungkinkan komputer “berbicara atau terhubung” satu sama lain dengan cepat. Setiap alamat disatukan dengan cara yang sama sehingga ketika satu mesin berkomunikasi dengan yang lain, ia dapat mengenali setiap bagian dari alamat dengan cara yang sama setiap kali mendapat pesan. Jika setiap pesan datang dalam bentuk yang sama, mesin penerima dapat mengantisipasinya dalam bentuk itu dan bertindak lebih cepat.

Bagian-bagian dari URL

Bagian pertama URL mendefinisikan protokol Web, seperti Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Bagian URL ini (misalnya, Http: //) memungkinkan mesin untuk berbicara satu sama lain. URL lengkap menetapkan nama server atau jalur ke sumber daya Web di server, yang dapat diakses pengguna dengan menggunakan browser seperti Firefox, Opera, Internet Explorer dan masih banyak lagi.

Untuk sebagian besar pengguna, HTTP adalah satu-satunya protokol yang digunakan untuk mengakses Internet, berbicara satu sama lain, atau melihat halaman Web. HTTPS dapat digunakan untuk transmisi aman, FTP dapat digunakan untuk transfer file, dan NNTP untuk newsgroup. Protokol-protokol ini hanya diwakili oleh kata kunci yang sesuai (misalnya, ftp) diikuti oleh: // berakhir pada URL.

The Right-Hand Designator

Perancang ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi jenis kelompok yang menawarkan atau mengirim informasi. Designator .com adalah organisasi komersial, .org adalah grup nirlaba, dan .edu adalah grup pendidikan.

Designator memberikan gambaran tentang jenis organisasi yang menyediakan layanan Web. Beberapa perancang baru yang diusulkan meliputi .people (nama orang), .museum (museum), .pro (profesi), dan .aero (organisasi penerbangan).

Format URL

URL terdiri dari jalur yang jelas ke sumber daya. Ini terdiri dari jenis protokol yang digunakan untuk mengakses sumber daya web atau file, nama domain yang mengenali komputer tertentu di internet, dan nama jalur yang menunjukkan lokasi file di komputer. URL standar terlihat seperti berikut:

http://www.behangat.com/apa-arti-dari-url

Bagian pertama disebut pengidentifikasi protokol yang dalam hal ini adalah http; (contoh lain adalah penggunaan protokol ftp), nama yang khas: www.BeHangat.com; yang meliputi nama komputer host, nama domain, tipe domain, dan lokasi jalur file atau halaman web di komputer yang merupakan / apa-arti-dari-url.

Protokol tambahan termasuk:

  • ftp : protokol untuk mengunduh file dari lokasi yang jauh.
  • news : protokol untuk mengakses newsgroup Usenet.
  • gopher : protokol untuk mengakses server gopher.

Jenis domain tambahan meliputi:

  • net : menandakan jaringan atau penyedia jaringan
  • org : kependekan dari organisasi.
  • edu : untuk institusi pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi dan universitas.
  • gov : departemen atau entitas pemerintah.

Demikianlah artikel tentang “Apa Arti Dari URL“. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih.. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

13 KOMENTAR

  1. Mas agung.. sungguh aku buta banget tentang istilah begini. Syukurnya lengkap banget dijelaskan di artikel ini. Bahkan aku jadi tau banyak kepanjangan dari beberapa istilah selain url. Kayak https gitu. Hehe

  2. Ia nih kak, aku aja kadang bingung http dan https itu apa perbedaannya.. duh baca ini jadi paham aku, maklum newbie

  3. Dulu awal ngeblog bingung banget sama istilah-istilahnya termasuk url, hyperlink, permalink. Nah blogger pemula bisa baca artikel ini nih karena menjelaskan dengan lugas dan mudah dicerna.

  4. Thank you sharringnya kak keren nih jadi tahu apa itu URL. Jujur saya saja bingung kenapa ada http /https gitu. Domainnya pun banyak ya selama ini cuma tahunya .com saja

  5. Ini informatif banget tulisannya. Cocok buat yang masih pemula dan pengen tau mengenai internet. Terutama yang mau belajar blog.

  6. ngomongin URL, jadi inget mata kuliah praktikum internet wkwkwk. berasa kuliah lagi saya, makasih sudah diingatkan. saya aja hampir lupa kepanjangan URL apa. haha. anak IT abal-abal saya tuh heu.

  7. Selama ini tahunya nyebut URL aja, gak pernah nyari tahu lebih dalam soal URL ini. Makasih mas postingannya membantu banget

  8. Pengetahuan yang sangat penting bagi blogger dan pegiat literasi di dunia internet nih Mas, terima kasih banyak sudah berbagi

  9. Ohh jadi http itu sebuah singkatan ya. Haha beginilah kalo semua selalu terima beres, jadi banyak hal tidak tau. Anyway, ini pembahasannya memang berat bray. Hahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here