Apa Itu HTML

0
91

BeHangat.Com ~ Apa Itu HTMLAssalamu’alaikum Wr. Wb. Jumpa lagi dengan BeHangat.Com, setelah Anda membaca tentang HTML di artikel sebelumnya, selanjutnya Anda harus mengetahui Apa itu HTML, Sejarah HTML, Fitur-fitur html dan Versi HTML. Langsung saja ke pembahasan.

HTML

HTML adalah akronim yang merupakan kependekan dari Hypertext Markup Language yang digunakan untuk membuat halaman web dan aplikasi web. Mari kita lihat apa yang dimaksud dengan Hypertext Markup Language, dan halaman Web.

Hypertext: HyperText hanya berarti “Teks di dalam Teks.” Sebuah teks memiliki tautan di dalamnya, adalah sebuah hypertext. Setiap kali Anda mengklik tautan yang membawa Anda ke halaman web baru, Anda telah mengklik sebuah hiperteks. HyperText adalah cara untuk menghubungkan dua atau lebih halaman web (dokumen HTML) satu sama lain.

Bahasa markup: Bahasa markup adalah bahasa komputer yang digunakan untuk menerapkan tata letak dan konvensi pemformatan ke dokumen teks. Bahasa markup membuat teks lebih interaktif dan dinamis. Itu dapat mengubah teks menjadi gambar, tabel, tautan, dll.

Halaman Web: Halaman web adalah dokumen yang umumnya ditulis dalam HTML dan diterjemahkan oleh browser web. Halaman web dapat diidentifikasi dengan memasukkan URL. Halaman Web bisa dari jenis statis atau dinamis. Dengan bantuan HTML saja, kita dapat membuat halaman web statis.

Karenanya, HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web yang menarik dengan bantuan gaya, dan yang terlihat dalam format yang bagus di browser web. Dokumen HTML dibuat dari banyak tag HTML dan setiap tag HTML berisi konten yang berbeda.

Mari kita lihat contoh sederhana HTML.

Deskripsi Contoh HTML di atas

<! DOCTYPE>: Ini menentukan jenis dokumen atau memerintahkan browser tentang versi HTML.

<html>: Tag ini memberi tahu browser bahwa itu adalah dokumen HTML. Teks di antara tag html menggambarkan dokumen web. Ini adalah wadah untuk semua elemen HTML lain kecuali <! DOCTYPE>

<head>: Ini harus menjadi elemen pertama di dalam elemen <html>, yang berisi metadata (informasi tentang dokumen). Itu harus ditutup sebelum tag <body> terbuka.

<title>: Seperti namanya, ini digunakan untuk menambahkan judul halaman HTML yang muncul di bagian atas jendela browser. Itu harus ditempatkan di dalam tag <Head> dan harus segera ditutup.

<body>: Teks di antara tag body menjelaskan konten body halaman yang dapat dilihat oleh pengguna akhir. Tag ini berisi konten utama dokumen HTML.

<h1>: Teks di antara tag <h1> menjelaskan judul level pertama dari halaman web.

<p>: Teks di antara tag <p> menjelaskan paragraf halaman web.

Sejarah Singkat HTML

Pada akhir 1980-an, seorang fisikawan, Tim Berners-Lee yang merupakan kontraktor di CERN, mengusulkan sistem untuk para peneliti CERN. Pada tahun 1989, ia menulis memo yang mengusulkan sistem hypertext berbasis internet.

Tim Berners-Lee dikenal sebagai bapak HTML. Deskripsi HTML pertama yang tersedia adalah dokumen yang disebut “Tag HTML” yang diusulkan oleh Tim pada akhir 1991. Versi terbaru HTML adalah HTML5, yang akan kita pelajari nanti dalam tutorial ini.

Versi HTML

Karena saat HTML ditemukan ada banyak versi HTML di pasar, pengantar singkat tentang versi HTML diberikan di bawah ini:

HTML 1.0: Versi pertama HTML adalah 1.0, yang merupakan versi barebones dari bahasa HTML, dan dirilis pada tahun1991.

HTML 2.0: Ini adalah versi berikutnya yang dirilis pada 1995, dan itu adalah versi bahasa standar untuk desain situs web. HTML 2.0 dapat mendukung fitur tambahan seperti unggahan file berbasis form, elemen form seperti kotak teks, tombol opsi, dll.

HTML 3.2: Versi HTML 3.2 diterbitkan oleh W3C pada awal 1997. Versi ini mampu membuat tabel dan memberikan dukungan untuk opsi tambahan untuk elemen formulir. Ini juga dapat mendukung halaman web dengan persamaan matematika yang kompleks. Itu menjadi standar resmi untuk peramban apa pun hingga Januari 1997. Hari ini secara praktis didukung oleh sebagian besar peramban.

HTML 4.01: Versi HTML 4.01 dirilis pada Desember 1999, dan ini adalah versi bahasa HTML yang sangat stabil. Versi ini adalah standar resmi saat ini, dan menyediakan dukungan tambahan untuk stylesheet (CSS) dan kemampuan penulisan skrip untuk berbagai elemen multimedia.

HTML5: HTML5 adalah versi terbaru dari bahasa Markup HyperText. Draf pertama versi ini diumumkan pada Januari 2008. Ada dua organisasi utama, satu adalah W3C (World Wide Web Consortium), dan satu lagi adalah WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group) yang terlibat dalam pengembangan versi HTML 5 , dan masih, sedang dikembangkan.

Fitur Fitur HTML

  • Bahasa ini sangat mudah dan sederhana. Ini dapat dengan mudah dipahami dan dimodifikasi.
  • Sangat mudah untuk membuat presentasi yang efektif dengan HTML karena memiliki banyak format tag.
  • HTML adalah bahasa markup, sehingga menyediakan cara yang fleksibel untuk mendesain halaman web bersama dengan teks.
  • HTML memudahkan pemrogram untuk menambahkan tautan pada halaman web (dengan tag html), sehingga meningkatkan minat menjelajah pengguna.
  • HTML adalah platform-independen karena dapat ditampilkan pada platform apa pun seperti Windows, Linux, dan Macintosh, dll.
  • HTML memfasilitasi programmer untuk menambahkan Grafik, Video, dan Suara ke halaman web yang membuatnya lebih menarik dan interaktif.
  • HTML adalah bahasa yang tidak peka huruf besar kecil, yang artinya kita dapat menggunakan tag baik dalam huruf kecil atau besar.

Mungkin sampai disini yang bisa admin BeHangat.Com berikan tentang “Apa Itu HTML“. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih.. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here