Bagaimana cara membuat aplikasi lokasi real-time seperti Uber?

Bagaimana cara membuat aplikasi lokasi real-time seperti Uber

BeHangat.Com ~ Assalamu’alaikum Wr. Wb. Jumpa lagi dengan BeHangat.Com, pada kali ini mari kita bahas tentang cara membuat aplikasi lokasi real-time seperti di uber.

Ada banyak sekali aplikasi lokasi waktu nyata yang mengubah dunia, tetapi tidak ada yang memiliki dampak besar seperti Uber. Jika Anda ingin mengejar Uber seperti pengembangan aplikasi, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai. Untuk mengembangkan aplikasi semacam itu dan masuk ke Google Play Store atau bahkan di Apple App Store, berikut ini akan membantu Anda melakukannya.

Aplikasi Lokasi Real-Time seperti Uber

Untuk mengembangkan aplikasi lokasi real-time seperti Uber, dan menyediakan layanan taksi on-demand, Anda perlu memberikan akses tanpa batas, pengalaman pengguna yang luar biasa kepada pengemudi serta pengendara dengan merek yang kuat. Anda harus memiliki dua aplikasi untuk penumpang dan pengemudi. Fitur dari aplikasi tersebut adalah:

Aplikasi Pengguna

Pendaftaran

Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, penumpang dapat dengan mudah dan langsung melakukan registrasi dari dalam aplikasi

Daftarkan Kartu Pembayaran

Untuk fitur pembayaran otomatis untuk membayar tarif, penumpang bahkan dapat mendaftarkan kartu kredit atau debit mereka dari dalam aplikasi secara langsung. Juga, Stripe digunakan untuk memproses pembayaran. Perusahaan pengembang aplikasi iPhone dapat mengintegrasikan Stripe ke dalam aplikasi.

Pelacakan Driver

Aplikasi harus memberikan keuntungan kepada penggunanya yaitu dengan mudah melacak ketersediaan pengemudi taksi dan mengatur lokasi penjemputan yang sebenarnya setelah masuk,

Lokasi Penjemputan

Pengguna dapat dengan mudah mengatur lokasi mereka sendiri dengan mengatur tujuan tertentu di peta atau melalui Google Places.

Memilih Jenis Cab

Pengguna dapat dengan mudah memilih jenis taksi dan bahkan menjelajahi berbagai detail lainnya seperti harga per kilometer, harga yang dikenakan per menit, dan bahkan tarif minimum dari setiap jenis taksi.

Kalkulator Tarif

Tarif untuk benar-benar mencapai tempat tertentu ditentukan dengan menghitung jarak antara penjemputan dan titik penurunan dengan mudah menggunakan API Google.

Pelacakan Langsung

Dengan taksi yang dipesan, pengguna dapat memperbarui taksi secara langsung pada aplikasi mereka sendiri tepat di awal yang sebenarnya yang mencakup dimulainya taksi, kedatangan taksi dan juga mulai serta akhir perjalanan.

Pembayaran Otomatis

Setelah menyelesaikan perjalanan, pembayaran taksi dengan mudah dipotong dengan memanfaatkan API Stripe. Selain itu, faktur tersebut kemudian dikirim ke telepon pengguna dan ke ID email terdaftar miliknya. Ini dapat dicapai dengan menyewa salah satu layanan pengembangan aplikasi iOS.

Rating dan Review

Umpan balik pengguna sangat penting untuk pertumbuhan aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menilai pengemudi serta menulis ulasan tentang seluruh pengalaman mereka dengan naik taksi.

Riwayat Pemesanan

Seluruh fitur riwayat pemesanan memungkinkan pengguna untuk melacak secara lengkap berbagai pemesanan sebelumnya menggunakan aplikasi.

Aplikasi Pengemudi

Pendaftaran

Pengemudi mendapatkan platform mereka sendiri untuk mendaftar dari dalam aplikasi secara langsung dan mendapat persetujuan dan kemudian ditayangkan hanya setelah persetujuan profil oleh admin.

Pemesanan

Pengemudi memiliki beberapa saat untuk menyetujui atau menolak permintaan pemesanan baru. Pengemudi ditunjukkan titik penjemputan mereka bersama dengan jarak mereka dari lokasi saat ini serta jarak antara lokasi penjemputan dan penurunan.

Status Pengemudi

Pengemudi dapat dengan mudah memperbarui statusnya sendiri untuk memungkinkan penumpang mengetahui apakah mereka telah menerima atau bahkan menolak pemesanan jika mereka telah tiba di lokasi penjemputan atau menyelesaikan perjalanan.

Riwayat Pemesanan

Selain itu, pengemudi dapat dengan mudah melacak riwayat pemesanan mereka sendiri serta memeriksa status mereka sendiri. Ini termasuk pemesanan yang dibatalkan juga.

Petunjuk Arah Mengemudi

Ini menampilkan arah yang tepat pada peta dalam aplikasi. Pengembangan aplikasi pemesanan taksi dapat memanfaatkan aplikasi MapKit untuk iOS untuk Google Maps Android API untuk perutean dan petunjuk arah untuk aplikasi Android. Anda dapat menyewa perusahaan pengembang aplikasi iPhone untuk menyertakan fitur ini di aplikasi iOS Anda.

Biaya pengembangan Aplikasi Lokasi Real-Time Seperti Uber

Setiap kali Anda mengejar Uber seperti pengembangan aplikasi, Anda sebenarnya memiliki dua aplikasi seperti yang disebutkan di atas: Aplikasi untuk pengendara dan aplikasi lain untuk pengemudi. Sekarang, Anda perlu mengetahui biaya untuk mengembangkan aplikasi semacam itu. Untuk ini, Anda perlu membayar biaya untuk layanan berikut:

  • Rancangan
  • Pengembangan aplikasi asli Android dan iOS
  • Pengembangan backend
  • pengembangan web
  • Produk dan Manajemen Proyek
  • Pengujian dan Jaminan Kualitas

Untuk mendapatkan perkiraan biaya untuk membangun aplikasi seperti Uber, itu bergantung pada total waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi lokasi waktu nyata, termasuk kedua jenis aplikasi tersebut. Untuk Uber like ap, dibutuhkan hampir 5.000 jam pengembangan. Bergantung pada biaya per jam layanan pengembangan, yang dapat bervariasi dari $ 20 hingga $ 40 per jam, total biaya aplikasi lokasi waktu nyata seperti Uber adalah sekitar $ 10.000 hingga $ 20.000.

Aplikasi lokasi real-time seperti Uber telah menjadi aplikasi andalan masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan. Di sini kami telah menjelaskan cara mengembangkan aplikasi semacam itu bersama dengan fitur yang harus dimiliki aplikasi dan total biaya pengembangan. Pengembangan aplikasi pemesanan taksi yang sukses membutuhkan penanaman fitur-fitur penting yang disebutkan di atas dan memantau biayanya.

Jika Anda ingin Aplikasi tersebut tapi tidak bisa membuatnya, Anda bisa memesan di sini

Demikianlah artikel tentang “Bagaimana cara membuat aplikasi lokasi real-time seperti Uber?“. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih.. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

About the Author: Mas Indra

😇 Bukannya sombong, tpi aku belajar menjaga pandangan mata. 😁Selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. ✌ Bicarakanlah kekuranganku jgn kebaikanku. 💓 Aku cinta kamu, iya kamu.

You might like