Bagaimana Neuron Bekerja?

Bagaimana Neuron Bekerja

BeHangat.Com ~ Bagaimana Neuron Bekerja? – Assalamu’alaikum Wr. Wb. Sebelumnya BeHangat.Com meminta maaf karena beberapa waktu lalu admin tidak bisa membuat Artikel di karenakan mengalami masalah di telinga sehingga harus istirahat beberapa hari, Selama istirahat admin membaca tulisan bagus yang di tulis oleh Steffi yang berjudul sikapi masalah dengan bijak. Setelah baca artikel tersebut membuat Admin BeHangat.Com menjadi semangat lagi untuk membuat artikel yang sangat cocok di baca. Artikel ini tentang Neuron.

Apa Anda sudah tau apa itu neuron dan bagai mana cara bekerjanya? Neuron adalah sel yang bertanggung jawab atas transfer informasi dan impuls listrik ke seluruh tubuh. Neuron bekerja dengan mentransfer muatan listrik dari neuron ke neuron untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Bagaimana Neuron Bekerja
Bagaimana Neuron Bekerja

Semua data, oleh karena itu, ditransfer dengan cara listrik ini yang mengapa ilmu komputer telah menjadi alat yang sangat penting dalam studi Neuroscience . Untuk lebih memahami cara kerja neuron, yang pertama harus memahami bagian-bagian neuron yang berbeda.

Bagian Bagian Neuron

Untuk memulainya, karena neuron adalah sel, ia memiliki nukleus. Ini adalah pusat dari neuron dan bagaimana sel dikelola. Tanpa itu, sel akan mati. Nukleus, secara teori, adalah otak neuron – atau sel apa pun dalam hal ini.

Baca Juga : Belajar Teks Negosiasi – Pengertian, Struktur Isi, Ciri Bahasa, Langkah Penulisan dan Contoh Teks Negosiasi yang Benar.

Di salah satu ujung neuron adalah dendrit. Dendrit adalah bagian penerima neuron. Ini adalah ekstensi yang muncul di tepi neuron yang hampir menyentuh neuron lain. Informasi kemudian dapat ditransfer; (Namun, ini akan dibahas di bawah).

Di ujung yang berlawanan ada sesuatu yang disebut akson. Akson adalah ekstensi pengiriman pada neuron. Semua informasi dari neuron keluar melalui akson dan tombol terminal di ujung lengan.

Intinya, semua informasi masuk ke dalam neuron melalui dendrit, mengalir melalui neuron dan kemudian pergi untuk pergi ke neuron berikutnya melalui akson. Lengan di setiap sisi diperlukan agar neuron bekerja dengan baik

Cara Kerja Neuron

Neuron bekerja dengan mengirimkan sinyal listrik. Dimulai dengan akson, neuron mengirimkan impuls listrik data melalui lengan. Tidak ada dua neuron yang benar-benar bersentuhan, mereka sangat dekat satu sama lain.

Ruang antara akson neuron dan dendrit neuron lainnya dikenal sebagai sinaps. Ketika neuron menyampaikan informasi, sinaps adalah bagian yang “melemparkan” data dari satu neuron ke neuron lainnya. Proses ini dikenal sebagai transmisi sinaptik. 

Setelah transmisi sinaptik terjadi, data masuk melalui dendrit. Sinyal listrik kini telah berhasil ditransfer dari neuron pertama ke neuron kedua. Sinyal kemudian bergerak ke akson dan melewati sinaps ke dendrit neuron berikutnya. Dengan kata lain, neuron bekerja dengan menjadi stasiun untuk sinyal listrik. Atau, itu bisa dianggap sebagai rel kereta api. Sinyal mengikuti sepanjang trek ini.

Baca Juga : Cara Kerja Transaksi Database?

Demikianlah artikel tentang “Bagaimana Neuron Bekerja?”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih.. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

About the Author: Mas Indra

😇 Bukannya sombong, tpi aku belajar menjaga pandangan mata. 😁Selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. ✌ Bicarakanlah kekuranganku jgn kebaikanku. 💓 Aku cinta kamu, iya kamu.

You might like

13 Comments

  1. Ya ampun, aku pas baca istilah dendrit auto flash back ke masa masa sekolah. Pas belajar IPA. Sempet pengen ngasih nama anak pake istilah dendrit ini

  2. Masyaallah… suka terkagum-kagum deh ama ciptaan Allah SWT ya… mengetahui bagaimana neuron bekerja seperti kereta api ya saling bekerjasama tut tutttttt

  3. Berasa balik ke zaman sekolah dulu nih, hehee.

    Maha besar Allah yang menciptakan makhlukNya dengan segala apa yang Dia berikan. Sel yang nggak bisa dilihat langsung aja ternyata manfaatnya besar banget dalam kehidupan kita.

  4. Masyaallah, saya seperti kembali sekolah dan belajar biologi. padahal saya sudah lupa loh tentang neuron ini. makasih sudah diingatkan kembali, tubuh kita emang keren ya, takjub banget.

  5. Untuk perkembangan neuron juga penting banget ya saat masih bayi, katanya sih jangan dibentak, biar neuron tersambung sempurna

  6. Neuron adalah bukti bahwa penciptaan makhluk itu sangat rumit dan luar biasa. Sungguh sebuah bukti nyata dari keagungan Yang Maha Kuasa.

Comments are closed.