Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Berwudu?

Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

BeHangat.Com ~ Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Berwudu? – Assalamu’alaikum Wr. Wb. Jumpa lagi dengan BeHangat.Com pada kali ini akan membahas tentang Berwudu. Orang muslim pasti sudah tau tentang berwudhu tapi Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Berwudu? itu yang menjadi pertanyaan banyak orang.

Membaca Alquran adalah salah satu bentuk ibadah bagi umat Islam yang sekaligus sebagai sarana untuk belajar dan mempelajari ilmu tentang Islam. Namun, hal ini seringkali memiliki kendala ketika seseorang sering mengalami batal wudu. Oleh karena itu, banyak sekali yang bertanya-tanya bolehkan membaca Alquran tanpa berwudu?

Hal ini tentu saja memiliki banyak pendapat dari berbagai pandangan para ulama. Anda dapat memilih salah satu pandangan yang Anda yakini. Apabila Anda belum yakin dengan pendapat yang Anda tentukan, Anda dapat memantapkannya dengan bertanya pada tokoh agama atau guru mengaji Anda.

Bagaimana Adab Membaca Alquran yang Dianjurkan?

Membaca Alquran tentu saja berbeda dengan membaca buku, Koran, majalah atau bacaan lainnya. Hal tersebut disebabkan membaca Alquran adalah membaca kalam-kalam Allah yang tentu saja sangat mulia. Oleh sebab itu, dalam membaca Alquran terdapat beberapa adab yang sebaiknya dilakukan supaya lebih afdal dan sesuai tuntunan.

Adapun beberapa adab yang sebaiknya Anda lakukan ketika membca Alquran adalah sebagai berikut.

  1. Anda yang hendak membaca Alquran, pastikan niat membaca Alquran adalah ikhlas karena Allah. Anda membaca Alquran semata-mata untuk ibadah dan belajar bukan untuk memeroleh berbagai hal duniawi. Dengan membaca Alquran dengan ikhlas, maka bacaan pun akan semakin tenang.
  2. Usahakan ketika membaca Alquran, bagian mulut Anda dalam keadaan bersih. Hal ini dilakukan supaya ketika membaca Alquran tidak terganggu dengan kotoran maupun bau mulut. Oleh sebab itu, sebelum membaca Alquran sebaiknya Anda menggosok gigi atau siwak.
  3. Membaca Alquran alangkah baiknya jika dilakukan di tempat yang bersih. Hal ini akan menjaga Anda dari terkena najis maupun membuat Anda nyaman dalam melantunkan bacaan Alquran.
  4. Ketika membaca alquran juga dianjurkan untuk menghadap kiblat. Hal ini juga akan membantu Anda untuk semakin khusyuk dan ikhlas karena Allah dalam membaca Alquran.
  5. Alquran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang karenanya ketika hendak membacanya pun Anda sebaiknya dalam keadaan suci dari hadas kecil dan wajib bersih dari hadas besar. Anda dapat berwudu untuk menyucikan diri dari hadas kecil sebelum Anda membaca Alquran.
  6. Sebelum memulai membaca Alquran alangkah baiknya jika Anda memulainya dengan membaca ta’awudz. Ta’awudz akan membantu Anda untuk menjauhkan godaan setan ketika membaca Alquran.
  7. Dalam membaca Alquran sebaiknya dilakukan secara tartil dan perlahan. Membacanya pun harus dilafalkan supaya Anda dapat membaca Alquran secara fasih dan tepat. Selain itu, membaca perlahan juga akan membuat Anda semakin mudah untuk memahami isinya.
  8. Membaca Alquran sebaiknya Anda lantunkan dengan bacaan yang indah. Selain disesuaikan dengan tajwid, memadukannya dengan lantunan yang indah juga akan membuat Alquran penenang bagi hati Anda.

About the Author: Mas Indra

😇 Bukannya sombong, tpi aku belajar menjaga pandangan mata. 😁Selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. ✌ Bicarakanlah kekuranganku jgn kebaikanku. 💓 Aku cinta kamu, iya kamu.

You might like