Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

0
67

BeHangat.Com ~ Cara Melaksanakan Sholat TahajudAssalamu’alaikum Wr.Wb. Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Com pada kali ini mari kita belajar bersama tentang Sholat Tahajud. Mungkin untuk muslim dan muslimah sudah pada tahu tentang sholat sunnah tahajud.

Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari pada sepertiga malam akhir, atau setengah malam akhir, atau mendekati dua pertiga malam hingga waktu menjelang sholat subuh. Sholat tahajud di lakukan dua raka’at sekurang-kurangnya dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas (tiap dua raka’at salam).

Baca Juga : Niat Puasa Daud dan Artinya, Pengertian Puasa Daud dan Bolehkah Puasa Daud Untuk Pemula

Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang artinya sholat di malam hari. Mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud para ulama memiliki pendapat yang berbeda ada yang mengatakan bahwa sholat tahajud mesti setelah terbangun dari tidur di malam hari, namun ada juga yang berbendapat bahwa sholat tahajud tidak mesti harus tidur terlebih dahulu.

Jumlah Raka’at Sholat Tahajud

Jumlah raka’at pada sholat tahajud terjadi perbedaan pendapat di kalangan empat madzhab yaitu untuk minimal atau jumlah rakaat paling sedikit cukup hanya 2 rakaat. Namun untuk batasan maksimal raka’at sholat tahajud jika menurut :

  • Madzhab syafi’i & hambali tidak ada batasan hitungannya dalam sholat tahajud arti boleh di kerjakan berapa pun raka’atnya dengan tiap dua raka’at salam.
  • Madzhab maliki maksimal sholat tahajud 10 atau 12 rokaat.
  • Madzhab hanafi maksimal sholat tahajud 8 roka’at.

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Tahajud : Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla

Artinya: Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Untuk melaksanakan sholat tahajud tata caranya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud. Tata cara sholat tahajud dan bacaanya semua sama dengan sholat wajib 5 waktu atau sholat sunah 2 rakkat lainnya. Di awali dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ikhram.

Tata Cara Sholat Tahajud pada Rakaat Pertama

  1. Mengucapkan Niat Sholat Tahajud.
  2. Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
  3. Membaca Doa Iftitah
  4. Membaca Surat Al Fatihah
  5. Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an (Jika bisa baca QS Al Baqarah ayat 284-286)
  6. Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
  7. Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
  8. Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
  9. Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
  10. Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
  11. Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud pada Rakaat Kedua

  1. Membaca Surat Al Fatihah
  2. Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an (Jika bisa baca QS Al Imran ayat 18-19-26-27)
  3. Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
  4. Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
  5. Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
  6. Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
  7. Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
  8. Gerakan sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
  9. Gerakan salam dengan mengucapkan salam “Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan tengok ke arah kiri.

Baca Juga : Ujian Terberat Generasi Millennial Yaitu Jatuh Cinta Sebelum Menikah

Do’a Setelah Sholat Tahajud

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Do’a Setelah Sholat Tahajud : “Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya Do’a Setelah Sholat Tahajud : “Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikianlah artikel tentang Cara Melaksanakan Sholat Tahajud yang bisa admin berikan ke pada kamu semua. Jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 19 =