Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Bekas

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Bekas

BeHangat.Com ~ Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah BekasAssalamu’alaikum Wr. Wb. Siapasih yang tidak ada rencana untuk membeli rumah, pasti semua orang menginginkannya. Jika tidak bisa membeli rumah baru maka membeli rumah bekas atau second juga bagus. Membeli rumah bekas merupakan salah satu opsi pilihan keluarga milenial yang baru saja membina sebuah rumah tangga. Hal itu cukup wajar, mengingat rumah bekas bisa memberikan beberapa keuntungan seperti dapat langsung dihuni, harga relatif murah, dan tentunya bisa dimanfaatkan untuk investasi jangka panjang.

Bandingkan jika Anda membeli sebuah rumah baru melalui KPR. Anda biasanya perlu menunggu hingga 2 tahun lamanya hingga properti tersebut siap dihuni. Belum lagi, selama waktu menunggu tersebut, kamu juga perlu menyetorkan sejumlah uang kepada developer sebagai tanda jadi pembelian.

Baca Juga : Balasan untuk Kamu, Yang Jatuh Cinta Secara Diam-Diam

Walaupun secara sekilas mekanisme pembelian rumah baru dan bekas terlihat tidak ada bedanya, Anda memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mencari rumah bekas agar sesuai dengan kebutuhanmu. Bukan hanya kualitas kontruksi bangunan saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga surat-surat kepemilikan saat proses jual-beli rumah. Hal itu agar kamu bisa lebih mudah mengurus proses pemindahnamaan nantinya. Secara umum, berikut adalah tips membeli rumah bekas yang perlu kamu pertimbangkan:

Kemampuan Finansial

Dalam membeli sebuah rumah bekas, ada baiknya Anda menyiapkan dana tambahan. Anda bisa menambahkan biaya beli rumah sebesar 10% dari harga beli rumah tersebut. Contohnya, bila kamu ingin membeli sebuah rumah bekas seharga Rp300,000,000, setidaknya, kamu perlu memiliki anggaran sebesar Rp500,000,000 + (Rp500,000,000 x 10%) = Rp550,000,000. Besaran biaya ini perlu Anda persiapkan untuk mengantisipasi jika ada biaya-biaya yang tidak terduga lainnya, seperti biaya renovasi dan mengurus surat-surat rumah.

Setelah memperhitungkan biaya tambahan seperti itu, Anda bisa membandingkannya dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Apabila ternyata harganya jadi melebihi kemampuan finansialmu, maka sebaiknya carilah rumah bekas lain yang lebih mengakomodasi keadaanmu. Selain itu, ingatlah agar biaya rumah yang kamu persiapkan tidak sampai mengganggu biaya lain untuk kebutuhan pokokmu.

Kelengkapan Dokumen

Selain masalah biaya dan komponen rumah, kelengkapan sertifikat rumah yang ingin dibeli juga perlu Anda cek secara detail. Kelengkapan dokumen dapat Anda cek satu per satu keasliannya dengan menggunakan jasa konsultan. Apa saja jenis dokumen kepemilikan rumah yang perlu dipastikan? Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Sertifikat Kepemilikan Rumah
  • Sertifikat Hak Milik (SHM)
  • Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB)
  • Sertifikat Hak Guna Usaha (HGU)
  • Sertifikat Hak Pakai (SHP)
  • Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Surat PBB
  • Surat tagihan-tagihan listrik, air, dan telepon untuk mengetahui apakah pemilik rumah sebelumnya pernah menunggak tagihan-tagihan tersebut. Jika ada tunggakan, maka bisa saja tagihan-tagihan tersebut akan dibebankan kepada kamu saat menghuni rumah tersebut.

Kualitas Kontruksi Bangunan

Agar biaya renovasi rumahmu tidak membengkak, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu ke rumah yang ingin dibeli. Jangan hanya melakukan inspeksi pada bagian luar rumah saja, tapi cek juga secara detail pada bagian dalam hingga sudut-sudut ruangan rumah tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai suatu cara untuk melakukan negosiasi dengan penjual rumah dan mengetahui tingkat kerusakan, serta besaran biaya renovasi yang mungkin dikeluarkan saat menghuni rumah tersebut.

Ketersedian Listrik Dan Air

Air dan listrik menjadi aspek terpenting bagi setiap penghuni rumah. Mengapa? Karena banyak aktivitas yang kita lakukan di rumah membutuhkan dua sumber daya ini. Oleh karena itu, sebelum memutuskan ingin membeli rumah bekas, ada baiknya  Anda tanyakan terlebih dahulu apakah rumah bekas tersebut memiliki air PAM dan listrik. Bila tidak ada, tentunya Anda akan mengeluarkan biaya tambahan lain untuk memasang PAM dan listrik di rumah tersebut.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Umumnya, harga rumah di kawasan perumahan yang sering terkena banjir nominalnya lebih rendah. Oleh sebab itu, lingkungan sekitar sangat perlu dicermati. Lingkungan yang serba sulit bisa menimbulkan berbagai biaya tambahan saat Anda menghuni rumah tersebut, meski harganya lebih murah.

Demikianlah artikel tentang “Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Bekas“. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata BaHangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih.. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

About the Author: Mas Indra

😇 Bukannya sombong, tpi aku belajar menjaga pandangan mata. 😁Selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. ✌ Bicarakanlah kekuranganku jgn kebaikanku. 💓 Aku cinta kamu, iya kamu.

You might like