Jamu Herbal Untuk Ayam & Burung Puyuh

Jamu Herbal Untuk Ayam & Burung Puyuh

BeHangat.Com ~ Jamu Herbal Untuk Ayam & Burung PuyuhAssalamu’alaikum Wr. Wb. Memelihara unggas seperti ayam dan burung puyuh sangatlah menguntungkan dan susah-susah gampang, seperti saat menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit. Oleh karena itu Anda harus mengetahui obat-obatan atau vitamin untuk menjaga kesehatan si unggas.

BeHangat.Com akan menjelaskan bagai mana membuat jamu herbal untuk unggas seperti ayam dan burung puyuh. Ramuan jamu herbal atau jamu herbal sudah kita kenal bahkan kita ketahui manfaatnya tidak kalah bila dibandingkan dengan mulivitamin kimia buatan pabrik atau industri. Hanya saja kita kurang paham dengan cara bagaiman membuatnya.

Jumlah bahan serta untuk kapasitas berapa ekor terhadap unggas peliharaan yang akan diberikan nanti. Berbagai bahan bahan jamu herbal yang berkhasiat untuk membuat jamu herbal unggas terutama untuk puyuh petelur dan juga ayam petelur yang sudah memasuki usia bertelur.

Bahan bahan untuk membuat jamu herbal yang digunkan sangat mudah kita dapatkan disekitar lingkungan kita dengan harga yang relatif murah dan bahkan dapat kita budidayakan di sekitar pekarangan rumah. Untuk menanam bahan jamu herbal ini kita tidak perlu memerlukan lahan yang luas apabila kita hanya mempergunakannya sebagai jamu herbal untuk puyuh dan ayam.

Bahan jamu herbal yang kita gabungkan atau campurkan untuk dibuat menjadi jamu herbal khususnya untuk puyuh petelur yang sudah bertelur dan tidak kalah juga manfaatnya untuk ayam petelur layer.

Ramuan Untuk Ayam & Burung Puyuh Agar Sehat

Jamu A

Kunyit 200gr, Kayu Manis 120gr, Gula Merah 750gr. Cara membuatnya; semua bahan diparut atau dihaluskan dan kemudian direbus dengan air sebanyak kurang lebih 10 liter. Pemberian selama 3 sampai dengan 5 hari tiap minggunya cara menggunakannya hasil rebusan di campur dengan minuman ayam dan burung puyuh, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi telur harian dan juga berfungsi sebagai pengganti AGP.

Jamu B

Kunyit 350-500gr, Jahe 400-650gr, Merica 100-120gr. Cara membuatnya; Semua bahan dihaluskan dan direbus dengan air sebanyak 15 sampai dengan 20 liter. Pullorum (Berak Kapur), Koksidiosis, Kolera dan CRD Kompleks. Air rebusan dicampur dengan minuman unggas ( Burung Puyuh dan Ayam ).Pemberian selama 5 hari berturut turut dalam seminggu. Istrahat 2 hari dan dapat dilajutkan kembali pada minggu depannya

Jamu C

Daun Sirih 75-100gr. Cara membuatnya; Semua bahan dibersihkan dan kemudian direbus dengan hasil akhir air menjadi 10 sampai dengan 15 liter. Sebagai Antioksidan dan juga sebagai pencegah infeksi pada luka unggas. Cara ini untuk menciptakan kekebalan tubuh maka hasil rebudsn dapat dicampur kembali dengan air minum dengan perbandingan 1 liter air rebusan sirih dicampur dengan 8 – 10 air putih. Untuk disinfektan dapat disemprotkan pada unggas atau kandang. Pemberian dilakukan bila dianggap perlu.

Demikian beberapa bahan jamu herbal untuk burung puyuh dan ayam yang dapat kita gunakan untuk menunjang performa ternak dan juga produksi. Dengan penggunaan jamu herbal diatas tentunya kita berharap akan meningkatnya produksi telur.

Demikianlah artikel tentang “Jamu Herbal Untuk Ayam & Burung Puyuh“. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Terima Kasih.. ^_^ Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

About the Author: Mas Indra

😇 Bukannya sombong, tpi aku belajar menjaga pandangan mata. 😁Selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. ✌ Bicarakanlah kekuranganku jgn kebaikanku. 💓 Aku cinta kamu, iya kamu.

You might like