BeHangat.Com ~ Niat Puasa Daud dan Artinya, Pengertian Puasa Daud dan Bolehkah Puasa Daud Untuk Pemula? – Assalamu’alaikum jumpa lagi dengan admin BeHangat.Com pada kali ini mari kita sama-sama belajar tentang puasa daud. Mungkin untuk muslim atau muslimah sudah mengetahui mengapa dinamakan puasa daud. Disebut Puasa Daud karena puasa ini merupakan puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.

Puasa Daud

Puasa Daud merupakan puasa sunnah paling baik di bandingkan puasa sunnah yang lainnya dan puasa daud di lakukan secara selang seling, maksutnya sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa begitu seterusnya dan dapat dilakukan sepanjang tahun kecuali Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha dan Hari Tasyrik.

Baca Juga : Ujian Terberat Generasi Millennial Yaitu Jatuh Cinta Sebelum Menikah

Sedangkan untuk hari jum’at, tidak terdapat halangan, selama puasa tersebut termasuk bagian dalam puasa Daud, jadi bukan puasa khusus pada hari Jum’at saja. Sedangkan jika puasa hanya pada hari Jum’at saja, maka hal ini tidak diperbolehkan. Puasa Daud sebaiknya dilaksanakan apabila kita sudah terbiasa Puasa Senin-Kamis dan Puasa Ayyamul Bidh, sehingga tidak ada kesulitan bagi kita untuk melaksanakannya.

Puasa Daud lebih disukai oleh Allah SWT di bandingkan puasa sunnah lainnya. Seperti yang telah dikatakan oleh Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya : “Sebaik-baiknya ibadah shalat di hadapan Allah SWT yaitu shalat yang dilaksanakan Nabi Daud AS. Sebaik-baiknya ibadah puasa di hadapan Allah SWT yaitu puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Puasa Daud adalah Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR.Bukhari).

Baca Juga : Harus Sakit Hatikah Kamu! Jika Orang yang Kamu Sebut Dalam Doa Ternyata Menyebut Orang Lain Dalam Doanya?

Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma dawuda sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya : “Saya berniat melakukan puasa Dawud sunah karena Allah Ta’ala.”

Demikianlah artikel tentang Niat Puasa Daud dan Artinya, Pengertian Puasa Daud dan Bolehkah Puasa Daud Untuk Pemula? yang bisa admin berikan ke pada kalian semua. Jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak orang-orang yang mengetahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu.

Jika ada kesalahan kata Behangat.Com minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan sudah mampir di BeHangat.Com sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

26 KOMENTAR

  1. MasyaAlloh jadi ada syaratnya juga ya agar mudah menjalankan puasa daud mas agung. Saya puasa senin-kamis juga masih berat kadang untuk dijalankan. Astagfirullah. Bagaimana mau puasa daud ya kalau yang puasa senin-kamis masih sulit dikerjakan. Makasih mas agung mengingatkan saya tulisannya.

  2. ayahku adalah orang yang sudah beberapa tahun ini melaksanakan puasa daud, beliau penderita diabetes dan puasa daud membuat gula darah ayah selama 20 tahun ini terjaga

  3. Saya malu mengakuinya, saya belum pernah melaksanakan pausa daud. Masih sebatas puasa Senin-Kamis, itu pun belum rutin setiap pekan. Hiks hiks. Saya kenal 2 orang yg insya Allah istiqamah melakukannya, yaitu Pak Zulkiflii Hasan (eks-Ketua MPR kita dulu), dan Bang Sandiaga Uno. Benar-benar kagum saya sama mereka berdua.

  4. Salah satu pesan ustadz saya, kalau mau hatinya punya ketajaman feeling dan pikiran yang terasah, dianjurkan untuk mengamalkan puasa Daud. Bener aja banyak pemimpin sukses karena amalan ini.

  5. Belajar puasa Daud bagus katanya ya kak, tapi aku belum pernah sekalipun seumur hidup puasa Daud. Terus katanya kalua sedang puasa Daud apa keinginan pasti langsung diijabah ya.
    aku yang puasa senin kamis aja selalu jadi bahan sindiran katanya irit makan lah dll, gimana puasa daud sehari puasa sehari tidak. Semoga suatu saat bias mempraktekkan puasa Daud.

  6. Seharusnya bisa ya kalau niat untuk puasa Daud. Karena kan puasa Ramadan kita tiap hari. Sedangkan puasa Daud selang-seling. Tapi ya gitu…aku belum pernah nyoba puasa Daud…

  7. Insyaallah abis lebaran ini udah niat juga pingin shoum daud ini Bang Agung… soalnya banyak faedahnya kan ya, termasuk menstabilkan emosi. Kita kan perlu banget sama kecerdasan emosi, gak cuma pinter doang.

  8. Saya jadi teringat Almarhumah simbah. Beliau rutin puasa Daud. Dan Alhamdulillah meninggal di usia jelas 100 tahun (Beliau tidak tahu tepat usianya, perkiraan 98 dari ceritanya) dalam keadaan sehat.

  9. Salut pada orang-orang yang bisa konsisten melaksanakan puasa Daud. Ada seorang teman yang begini. Bahkan tengah saat menjadi pembicara dari pagi hingga sore pun dia berpuasa. Aku mau konsisten puasa Senin-Kamis saja dulu. Dimulai dari sini kan ya, Mas?

  10. Makasih info dan ulasan tentang puasa Daud. Sering dengar ceramah dan berita ttg puasa ini. Tp saya blm melakukannya. Semoga kelak saya bisa menjalankannya. 🙏😊

  11. puasa daud mengajari kita untuk terbiasa berpuasa ya. tapi saya baru tahu kalau syaratnya sebaiknya yang terbiasa puasa senin kamis. apa mungkin biar kuat saja ya.

  12. Dan…sampai sekarang belum mampu puasa Daud. Huhu. Ternyata puasa ini paling baik diantara puasa sunnah lainnya ya. MasyaAllah..

  13. Puasa daud ini juga beberapa ahli kesehatan menyarankan bagus utk tubuh katanya… ya memang sich seperti kita tau..puasa itu banyak manfaat baiknya buat tubuh

  14. Masih jauh saya dari kemampuan menjalani puasa Daud. Puasa senin kamis aja sangat-sangat jarang … Semoga keberkahan selalu mengalir deras kepada mereka yang sanggup menjalai puasa Daud dengan ikhlas.

  15. Jujur aja, aku belum pernah puasa daud. Di keluargaku sendiri lebih sering puasa senin-kamis. Ternyata fadilahnya banyak, ya. Terimakasih remindernya, mas.

Comments are closed.