Pengertian Dan Penjelasan Teknik Sampling Yang Penting Dalam Penelitian dari Para Ahli
Pengertian Dan Penjelasan Teknik Sampling Yang Penting Dalam Penelitian dari Para Ahli
Article Top Ad

BeHangat.Com ~ Pengertian Dan Penjelasan Teknik Sampling Yang Penting Dalam Penelitian dari Para Ahli – Jumpa lagi dengan admin BeHangat.Com kali ini admin akan menjelaskan tentang Teknik Sampling. Dalam sebuah penelitian tehnik sampling itu sangat penting di karenakan kita harus memperluhkan sampel dalam penelitian.

Tehnik Sampling

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas, Teknik sampling adalah teknik yang dilakukan untuk menentukan sampel. Jadi, sebuah penelitian yang baik haruslah memperhatikan dan menggunakan sebuah teknik dalam menetapkan sampel yang akan diambil sebagai subjek penelitian.

Baca Juga : Belajar Teks Negosiasi – Pengertian, Struktur Isi, Ciri Bahasa, Langkah Penulisan dan Contoh Teks Negosiasi yang Benar

Article Inline Ad

Pengertian Teknik Sampling Menurut Para Ahli

Berdasarkan para ahli pengertian teknik sampling itu berbeda-beda, seperti :

  1. Sugiyono
    Pengertian teknik sampling menurut Sugiyono (2001) adalah: Teknik sampling adalah merupakan teknik pengambilan sampel (Sugiyono, 2001: 56).
  2. Margono
    Pengertian teknik sampling menurut Margono (2004) adalah: Teknik sampling adalah cara untuk menentukan sampel yang jumlahnya sesuai dengan ukuran sampel yang akan dijadikan sumber data sebenarnya, dengan memperhatikan sifat-sifat dan penyebaran populasi agar diperoleh sampel yang representatif.

Setelah kalian mengetahui apa itu teknik sampling, maka langkash selanjutnya yaitu bagai mana langkah-langkah dalam teknik sampling itu

Langkah Dalam Teknik Sampling

Menurut Dalen (1981), ada beberapa langkah yang harus diperhatikan peneliti dalam menentukan sampel, yaitu:

  • Menentukan populasi
  • Mencari data akurat unit populasi
  • Memilih sampel yang representative
  • Menentukan jumlah sampel yang memadai

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Ada beberapa jenis untuk teknik sampling untuk menentukan sampel dalam penelitian, terdapat berbagai teknik sampling yang bisa digunakan. Teknik sampling berdasarkan adanya randomisasi, yakni pengambilan subyek secara acak dari kumpulannya, dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu

  • Sampling Nonprobabilitas
    Yang termasuk ke dalam kelompok probability sampling antara lain: Simple Random Sampling, Proportionate Stratified Random Sampling, Disproportionate Stratified Random Sampling, dan Area (cluster) Sampling (disebut juga dengan sampling menurut daerah).
  • Sampling Probabilitas
    Yang termasuk ke dalam jenis nonprobability sampling antara lain: Sampling sistematis, Sampling Kuota, Sampling Aksidental, Purposive Sampling, Sampling Jenuh, dan Snowball sampling.

Menurut Sugiyono (2001), untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian, terdapat berbagai teknik sampling yang digunakan.

Article Bottom Ad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × one =