BeHangat.Com ~ Seni Rupa – Seni Rupa Murni dan Seni Rupa TerapanAssalamu’alaikum Wr. Wb. Jumpa lagi dengan BeHangat.Com pada kali ini akan membahas tentang Pengertian Seni Rupa baik itu seni rupa murni ataupun seni rupa terapan. Langsung saja ke pembahasan tentang seni rupa semoga kamu paham seteleh membaca artikel ini.

Pengertian Seni Rupa

Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan, kesan ini disiptakan dengan mengolah konsep, titik garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Sebagai karya seni, seni rupa dapat dikelompokkan dalam berbagai kepentingan. Berdasarkan bentuknya adanya karya seni rupa dua dimensi (dwimatra) dan karya rupa tiga dimensi (trimatra).

Baca Juga : Belajar Geografi Tentang Pengertian Kondisi Geografis Permukaan Bumi

Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang diterapkan pada bidang datar seperti gambar, lukisan dan sejenisnya. Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang menggunakan bentuk-bentuk yang memiliki tiga ukuran (panjang, lebar, tinggi), sebagai mediumnya, seperti patung, karya kriya dan sejenisnya.

Seni rupa dapat dibedakan menjadi seni rupa murni, seni kriya dan desain. Jenis-jenis seni rupa ini menunjukkan proses pembuatan dan bentuk karya yang dihasilkan, serta nama pembuatnya, yaitu seniman, kriyawan, dan desainer

  1. Seni Murni menekankan pada ungkapan pikiran dan perasaan, meliputi seni lukis, seni patung, dan seni grafis.
  2. Seni Kriya menekankan pada keterampilan teknik pembuatan karya, dengan hasil berupa karya kriya fungsional dan nonfungsional. Seni kriya menggunkan berbagai teknik dan media tertentu, misalnya kriya kayu, kriya logam, dan kriya tekstil.
  3. Karya Desain merupakan rancangan gambaran, benda, atau lingkungan yang didasarkan pada persyaratan-persyaratan tertentu. Desainer biasanya bekerja untuk keperluan klien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here