BeHangat.Com ~ Tradisi Menyambut Bulan Puasa di Pulau Jawa – Jumpa lagi dengan BeHangat.Com, tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. Setiap manusia yang beragama islam jika datang bulan ramadhan pasti akan menyambutnya dengan penuh kebahagiaan.

Karena Puasa Ramadhan itu wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh). Menjelang Ramadan, masyarakat di setiap daerah di Tanah Air memiliki tradisinya masing-masing untuk menyambut datangnya bulan puasa.

Baca Juga : Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

Iya berbagai macam tradisi, karena indonesia negara kepulauan yang sangat luat sehingga setiap pulau di indonesia mempunyai cara dan tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut bulan ramadhan.

Di Pulau Jawa pun berbagai ritual adat banyak dilakukan sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Berikut beberapa contoh tradisi jelang Ramadan di Pulau Jawa:

23 KOMENTAR

  1. Setiap daerah memiliki tradisi yang unik dalam menyambut ramadan. Kalau di tempat saya untuk menyambut ramadan diadakan kegiatan membersihkan masjid. Mulai dari halaman hingga bagian dalam masjid. Biasanya para warga bergotong royong untuk melakukan kegiatan ini.

  2. Semoga bisa merasakan bulan puasa seperti tahun-tahun lalu, kumpul bareng, ke masjid bareng. Tradisi Jawa pun identik dgn ketemu banyak orang.

  3. Dijawa masih banyak banget tradisi adat menyambut bulan ramadhan ini ya mas. Berbeda dengan di sumatra. kami di sini tidak terlalu banyak yang seperti itu. Paling di beberapa daerah saja.

  4. Banyak sekali ya tradisi menyambut bulan puasa di Jawa. Unik-unik pula. Namun apakah tahun ini akan tetap ada mengingat virus COVID-19 masih bergeriliya 🙁 Semoga sebelum bulan puasa udah gak ada itu virusnya

  5. Tidak terasa ya sebentar lagi puasa,ternyata banyak juga ya kak tradisi sebelum puasa di pulau jawa ,biasanya sie tradisinya nyekar sama mandi bunga gitu . Makasih infonya kak.

  6. Bener ya sebentar lagi sudah memasuki bulan puasa, banyak banget momen-momen indah di bulan ini. Tetapi dengan kondisi yang sekarang sedang terjadi mungkin akan berbeda, semoga saja wabah cepat berlalu dan bisa beraktivitas normal lagi.

  7. Hiyaaa sebulan lagi mulai masuk ramadhan. Semoga suasana segera membaik ya, si corona menghilang.

    Kalau di tempat saya ada tradisi megengan sebelum masuk bulan puasa

  8. Tak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan. Semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari ramadhan sebelumnya ya.

  9. ah jd ingat…kalau di sini, daerah sidoarjo dst, adanya oncoran. kami berkeliling kampung sambil bawa oncor. gak seramai dulu sih. tp yg penting masih ada yg inget begitu. entah tahun ini…

  10. Kalau di tempat saya, biasanya berkunjung ke makam ahli kubur untuk mendoakannya agar tenang di alam kubur. Dan saat Ramadan selesai, juga kembali dilakukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here